Kamis, 11 September 2014

Mendaki Gunung Rinjani di Taman Narmada

Apabila Anda mengunjungi Pura Narmada, Anda akan terasa seperti sedang ada di Gunung Rinjani yang dihiasi juga pepohonan rindang dengan sebuah danau. Lokasi suci tersebut berdiri juga indahnya di Taman Narmada, yang sebagai miniatur dari Gunung Rinjani. Kepada legenda, Raja Anak Agung Gede Karangasem membangun taman itu, karena usianya yang uzur akhirnya bukan berhasil lagi mendaki Gunung Rinjani untuk berdoa. Merupakan gantinya, beliau membangun sebuah pura dalam pada kawasan miniatur Gunung Rinjani, yang diperhatikan serta nama Taman Narmada.
Taman Pura Narmada LombokDi taman tersebut, Kamu bakal menemui halaman depan yang dinamai Jabbal Kap. Dalam halaman tersebut Anda bakal memperhatikan duo kolam kembar yang dikelilingi menurut pohon manggis. Halaman selanjutnya dinamai Mukedas. Kamu wajib akan melewati post ini, sebab lokasinya jago sebelum pintu masuk pura. Di artikel ini Anda bakal menemukan sebuah tempat istirahat raja yang dinamai Bale Loji. Dan Bale Terang, ialah suatu lokasi penyimpanan. Lalu Anda harus menuruni anak tangga ke menuju Padmawangi, merupakan hal kolam dengan air mancur ditengahnya. Pada sisi Utara kolam, Anda akan mendapatkan sesuatu bangunan minor bernama Bale Petirtaan. Dalam dalamnya terdapat sesuatu mata air berasal Gunung Rinjani, yang bernama Amerta Padmawangi.

Pura Narmada, Lombok Di sebelah Timur air mancur, terdapat anak tangga yang ke menuju arah Pura Kalasa. Nama Kalasa diambil dari nama hal sungai suci dalam India, yang dipercaya sebagai lokasi bersemayamnya Dewa Siwa. Pura Kalasa itu ialah sebuah tempat beribadah untuk menyembah Dewa Siwa.

Berbeda serta pura dalam Pulau Lombok yang lain, Pura Kalasa ini sekedar mempunyai 2 halaman yang berbentuk persegi. Di post luar Kita akan menemui dua Bale Gong. Menginjak menuju halaman di (yang dikelilingi dinding bata), Kamu bakal mendapatkan tiga Sanggah yang melambangkan trinitas di agama Hindu. Halaman sesi pada tersebut mempunyai 2 gerbang, ialah dalam sebelah Barat serta Selatan.

Demi bisa melalui Pura Kalasa, Kamu diwajibkan meminta ijin terlebih dahulu kepada penjaga pura (akrab disebut Pamangku) yang tinggal di sebelah Utara pura. Karena pura tersebut sekedar boleh dimasuki pada keadaan peribadatan tertentu.

Dari area pada pura, Kamu sukses melanjutkan ke Bale Gong. Pada area ini Kita bisa memakai pemandangan Taman Narmada yang mengagumkan. Sehabis cukup berkeringat mengelilingi wilayah pura, Anda berhasil memakai segarnya air kolam renang yang bersumber dari mata air alami. Selain itu Kita dengan berhasil mengunjungi Telaga Agung dengan menaiki sepeda air yang berbentuk angsa.
Selepas puas berenang atau menjelajah telaga, Kita dapat beristirahat dalam sebelah Timur taman. Disana Kita sukses mengisi tenaga dalam warung-warung juga tenda berwarna-warni. Area itu relatif lebih tinggi dibanding kolam renang dan telaga. Di warung-warung ini, Kamu mampu mencicipi makanan khas setempat yaitu Sate Bulayak. Hal sate yang dihidangkan sebagai lauk dari Bulayak. Bulayak adalah sebuah hidangan berupa nasi yang dimasak dan bungkus daun palem.
Demi mencapai Pura Narmada Kamu dapat memakai kendaraan pribadi atau umum. Pura Narmada berlokasi hanya sekitar 12 Kilometer dari Kota Mataram, Pulau Pulau Lombok. Apabila Kita memanfaatkan kendaraan pribadi, Anda bisa melalui jalur Mataram-Cakranegara-Bertais-Narmada. Sedangkan apabila Anda hendak menaiki angkutan umum, Kita berhasil menaiki jurusan Mataram-Sweta, selanjutnya berganti jalur serta jurusan Sweta-Narmada. Turunlah pada Pangsa pasar Narmada, karena Pura Narmada letaknya ampuh dalam depan pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar