Selasa, 23 September 2014

Wisata Alam ke Air Terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep Dengan Keindahan Yang Memukau

Mengunjungi Air Terjun Sendang Gile dengan Tiu Kelep, Anda bakal mendapatkan air terjun yang mengaliri tebing yang bertingat. Bukan hanya tersebut udara yang sejuk juga pemandangan yang hijau nan alami akan menerima Kita. Pulau Pulau Lombok memang memperoleh pesona wisata alam yang indah, yang berkolaborasi dengan ritme yang menenangkan. Dalam kaki Gunung Rinjani terdapat segala berlibur air terjun yang cukup terkenal. Diantaranya sebagai Air Terjun Sendang Gile juga Tiu Kelep. Kedua air terjun tersebut mengalir membentuk seorang aliran. Hembusan kabutnya memenuhi tetangga lembah, juga akan terasa sejuk ketika Anda ada pada dekatnya.

Air Terjun Sendang Gile LombokKedua air terjun itu terletak di sisi sebelah Utara di kaki Gunung Rinjani. Yang dengan sebagai sesi dari jalur pendakian. Lewat administratif, Air Terjun Sendang Gile juga Tiu Kelep berada dalam Desa Senaru, selingkungan 2,lima jam perjalanan dari Kota Mataram. Mengingat jaraknya yang cukup jauh, disarankan untuk Kita memanfaatkan kendaran pribadi untuk mengunjungi liburan air terjun yang menakjubkan tersebut.

Air Terjun Tiu Kelep berada diatas Air Terjun Sendang Gile. Aliran Air Terjun Sendang Gile juga mengalir melewati tebing setinggi 30 Meter. Tebing yang teraliri air itu bertingkat-tingkat, dengan tertutup oleh dedaunan hijau serta tumuhan paku. Nah, aliran air terjun yang berkolaborasi serta melewati tebing yang tertutup rerimbunan ini menciptakan area pada sekitarnya tertutup kabut tipis. Sesekali Kamu bakal melongok lengkungan pelangi pada dekat air terjun. Aliran air dari Air Terjun Tiu Kelep kemudian mengalir ke menuju Air Terjun Sendang Gile.

Air Terjun Sendang Gile letaknya cukup dekat juga jendela masuk berlibur alam Lombok itu. Kamu cukup berjalan kaki sejauh 15 Menit saja. Sebab lokasinya yang dekat pintu masuk, Air Terjun Sendang Gile makin sangat banyak dikunjungi menurut pengunjung. Buat Kita yang tidak suka dan medan yang terlalu berat, Air Terjun Sendang Gile yaitu pilihan yang jitu untuk Anda kunjungi.
Di sepanjang cara ke menuju kedua air terjun, Anda bakal disuguhkan serta pemandangan hutan lindung yang lebat. Hutan tersebut yaitu sesi dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Mayoritas flora yang tumbuh pada area itu adalah tumbuhan tropis. Seperti Pohon Bajur (Pterocarpus sp.), Pohon Ipil (Insia biyuga), Pohon Sentul (Sondarium), juga Pohon Jati (Tektona grandis). Meski lebat dengan rimbun, Kamu tak butuh khawatir bakal tersesat. Dikarenakan jalan menuju Air Terjun Sendang Gile tetap jelas. Namun seandainya Kamu ragu, Anda sukses meminta pemandu setempat demi menunjukkan arah menuju Air TerjunSendang Gile.
Air Terjun Tiu Kelep, Pulau Lombok.Cara setapak ke menuju Air Terjun Sendang Gile mayoritas berupa anak tangga. Alternatif itu cukup nyaman demi Anda tempuh. Tapi sesampainya pada lokasi air terjun, Kamu juga wajib berhati-hati. Sebab di selingkungan air terjun terdapat sangat banyak bebatuan yang besar. Jikalau Anda berdiri pada tempat yang sedikit makin tinggi, Kamu sukses melongok aliran air yang memecah dalam bebatuan. Anda juga sukses duduk serta beristirahat dalam bebatuan itu, sembari memanfaatkan pemandangan air terjun dalam depan Kamu. Bahwa Kamu merasa cukup dingin, Anda dan mampu ditemani juga secangkir kopi yang bisa Anda peroleh dalam warung-warung pada tetangga air terjun.

Kepada Kamu yang menggandrungi trek yang menantang, Kamu sukses melanjutkan perjalanan menuju Air Terjun Tiu Kelep. Demi mencapainya, Anda mesti berjalan kaki sejauh 45 Menit. Anda akan melewati sesuatu tangga yang cukup curam. Setelahnya, Anda dengan bakal menyeberangi sungai yang cukup dangkal. Di sungai itu Anda akan kecanduan kesejukan aliran air yang amat bening. Kamu juga akan melalui alternatif setapak, yang pada sampingya terdapat sungai sampingan serta aliran air yang rileks. Cukup menyenangkan, bukan?

Kesejukan Hutan Lombok
Petualangan Kita akan jadi sempurna saat tiba dalam lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Air terjun itu cukup tinggi, yaitu selingkungan 45 Meter. Alirannya yang cukup besar juga deras menimbulkan deburan yang cukup besar pula. Bahwa Kamu tak hendak basah, sebaiknya Anda menggunakan jaket anti air Anda. Tak jauh dari situ, Kamu dapat menyaksikan sebuah pohon besar yang tumbuh di seantero tebing.

Buat seluruh kalangan setempat, nama Tiu Kelep digondol dari bahasa Suku Sasak yang berarti “Kolam Terbang”. Sementara nama Sendang Gile disabet dari legenda setempat. Legenda tersebut menceritakan satu pangeran yang sedang dikejar tetapi seekor singa penghobi. Kemudian pangeran itu bersembunyi dalam balik air terjun untuk menghindari kejaran singa. Sehingga air terjun ini diberikan nama Sendang Gile. Kedua air terjun itu dipercaya dapat menyembuhkan bermacam penyakit, dan menciptakan tampak awet muda. Rakyat setempat begitu juga yakin bahwa aliran air terjun akan semakin besar jikalau orang-orang disekitarnya bicara makin panas.

Suasana yang segar dengan pemandangan yang mengundang decak kagum tersebut akan membuat Kamu betah berada pada lokasi wisata di Lombok. Namun di perjalanan pulang, mampirlah sebentar menuju Restoran Senaru. Restoran itu berada di ketinggian, akhirnya Anda bakal menerima pemandangan yang berbeda sembari mencicipi hidangan khas Lombok. Dalam sini Kita bakal disuguhkan dan pemandangan hutan lindung yang lebat, dan tebing-tebing yang mengelilingi lokasi Air Terjun Sendang Gile juga Tiu Kelep.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar