Rabu, 10 September 2014

Pantai Kaliantan, Pantai Terpencil di Lombok

Kesunyian, sebuah ini yang bakal menerima Anda ketika tiba di area Pantai Kaliantan. Tidak sangat banyak yang mengunjungi pantai terpencil ini. Suasananya yang hening dengan keindahan alamnya yang tetap alami dan bersih mempertontonkan dalam Kita area pantai yang serta menyejukkan jiwa. Di kebudayaan Suku Sasak berada upacara adat istiadat yang cukup terkenal keunikannya, yaitu Bau Nyale. Biasanya upacara Bau Nyale diselenggarakan setahun hanya sekali dalam bulan Februari. Bermacam pantai di Pulau Lombok menyelenggarakan upacara tersebut. Namun pusat dari upacara tersebut adalah Pantai Kuta Pulau Lombok dengan Pantai Kaliantan. Selama penyelenggaraan upacara tersebut, kedua pantai tersebut ramai dikunjungi tapi pengunjung, fit dari pada negeri ataupun dunia.


Pantai Kaliantan LombokSetelah saat upacara berujung, kedua pantai tersebut kembali normal mirip pertama. Pantai Kuta Lombok selalu ramai dikunjungi tetapi pengunjung domestik serta mancanegara. Sedangkan Pantai Kaliantan akan kembali sunyi di ketenangannya. Kesunyian Pantai Kaliantan inilah yang menjadi daya tarik buat yang menggilai kesunyian, mirip Pantai Belongas.

Pantai Kaliantan letaknya di sesi Selatan dari Kabupaten Pulau Lombok Timur. Satu kota 72 Kilometer dari Kota Mataram. Tetapi letaknya tak terlalu jauh dari Teluk Ekas. Untuk mencapai Pantai Kaliantan, Kita wajib menggunakan kendaraan pribadi. Sebab Kamu tak akan menemui angkutan umum yang ke menuju pantai ini.

Kalau Kita memakai kendaraan pribadi atau sewaan, Kita berhasil mengambil rute Kota Praya-Mujur-Ganti-Sepapan-Jerowaru-Jor-Pemongkong-Ekas-Kaliantan. Namun sepanjang lima Km dari jalan utama, media alternatif akan semakin buruk. Lama perjalanan bakal Anda tempuh selingkungan 2 jam.

Pantai Kaliantan memiliki garis pantai yang cukup panjang, tetangga 2 Kilometer. Seantero perairannya amat tenang, dan deburan ombak cukup jauh dari bibir pantai. Topografi dalam pantai tersebut terbilang unik. Yaitu kombinasi teluk-teluk sampingan juga beraneka bukit. Pantai Kaliantan dengan berpasir putih, tetapi agak kasar semacam butiran gula pasir. Namun yang istimewa dari pantai tersebut yaitu pantai pasir putihnya yang bersih dengan bebas sampah. Sehingga Anda dapat menggunakan pantai juga senang tanpa tergaggu tapi adanya sampah.

Tebing Pantai Kaliantan LombokSuasana pada satu kota pantai sangatlah sepi. Kamu bukan akan menemui warung atau toko dalam sekitar negara pantai. Begitu pula dengan hotel atau penginapan. Bahkan bukan kelihatan aktivitas nelayan atau petani rumput laut di pantai tersebut. Benar-benar sepi, bukan?

Di pantai tersebut tak sangat banyak pepohonan yang tumbuh. Pada akhirnya suasana pantai jadi cukup terik jika Kita berkunjung di siang hari. Kini seumpama sangat banyak pengunjung yang bertandang ke pantai ini dalam saat yang bersamaan. Sukses dipastikan Kita ikut berlomba untuk menyukai lokasi berteduh dalam bawah pohon. Namun dalam siang hari pula, ombak dalam belahan air jadi makin tenang. Pada akhirnya Anda bisa mengusir teriknya matahari serta berenang atau ber-snorkling. Sebab keindahan pemandangan bawah air dalam Pantai Kaliantan Lombok itu, juga bukan dipecundangi dari tamasya pantai Pulau Lombok berikutnya. Menjelang senja, suasana akan berubah drastis. Pemandangan matahari terbenamnya yang tetap eksotis bakal membuat Kita enggan meninggalkan pantai itu.
Memang tak sangat banyak pengunjung yang menyambangi Pantai Kaliantan Pulau Lombok itu. Sekitar lima sepuluh tahun silam, pemerintah setempat sesungguhnya sudah mempromosikan pantai ini adalah kunjungan bertamasya. Bahkan mayoritas agen tur dan merekomendasikan Pantai Kaliantan merupakan prioritas liburan. Tapi dikarenakan letaknya yang cukup jauh serta terpencil, juga prasarana cara yang kurang memadai, menciptakan semua pengunjung enggan demi berasal memanfaatkan keindahan Pantai Kaliantan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar